YANG DIMOHON SEBAIKNYA DISESUAIKAN DENGAN YANG TERSEDIA

ARISAN KELOMPOK KTNA KABUPATEN BANJAR

Hari
Tanggal
:  Rabu
:  13  Juli  2016
Jam
Tempat
:  10.00 s/d  13.00
:  Rumah H. Ahmad Jawawi

Jl. Martapura Lama Km 18 Pejambuan RT 005 Kecamatan Sungai Tabuk

Acara Pertama Pembukaan dimana acara dipimpin oleh Drs. Ilmi Syahrani.

Pada awal acara ini disampaikan berita duka tentang meninggal warga KTNA Bapak Muhammad Syarwani


 Drs. Ilmi Syahrani dan Bapak H. Muhammad Sabeli


Hairudin bertugas pelaksana Notulensi Kegiatan




Acara Kedua sambutan tuan rumah H. Muhammad Jawawi.

Bapak H. Muhammad Jawawi menampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran peserta pertemuan juga disampaikan bahwa didesa Pejambuan terdapat 10 Kelompok Tani.



Acara Ketiga Sambutan dari Ketua Kelompok KTNA Kabupaten Banjar. H. Muhammad Sabeli
Menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H minal Aizdin wal Faidzin mohon ma’af lahir bathin. Kepengurusan belum dilantik yang direncanakan pelantikan dilaksanakan bulan ini juga tapi belum ditentukan waktu dan tempatnya, ini akan dikonsoltasikan dulu dengan Bapak Bupati. 

Bapak Ketua juga menyampaikan silakan sampaikan bila ada masukan, saran kretik, mari kita buat program dan perencanaan bersama dan kita laksanakan bersama

Acara Keempat sambutan Kepala BP3K Kecamatan Sungai Tabuk M. Yajidi, SP
Penyampaian bela sengkawa telah meninggalnya Bapak Muhammad Syarwani
Sudah mengadakan rembug tani tingkat Kecamatan Sungai Tabuk dan sudah terpilih kepengurusan baru semoga dapat mengikuti pelantikan yang akan datang.

Tanam pada bagian atas sudah selesai keseluruhan dan bagian bawah baru selesai tanam, ini dengan selesainya tanam ini tinggal kita harus hati-hati dan waspada terhadap OPT. Untuk  padi unggul semoga dapat panen terlaksana. Terakhir Kepala BP3K berpesan aktifkan dan diperhatikan Pusat penyuluhan didesa (PULUHDES)



Acara Kelima Arahan dari Kepela Bapuluh diwakili Irfan Syarif SP.MS
(Kepala Bidang Pengembangan Kelembambagaan dan Sarana Prasarana Bapeluh Kabupaten Banjar)
Kepengurusan Kelompok KTNA  akan dikukuhkan oleh Bapak Bupati sekaligus Halal bi halal, nanti Bapak H. Muhammad Sabeli diundang musyawarah untuk menentukan waktu kapan Bapak Bupati ada waktu yang bisa untuk pelaksanakan pengukuhan tersebut dan diusahakan pada bulan ini juga.

Menyambung dari penyampaian Kepal BP3K bahwa jangan segan-segan untuk menyampaikan permasalahan pertanaman untuk menyampaikan ke Bapeluh.

Pos Penyuluhan Pedesaaan ini merupakan tempat pertemuaan rutin ini harus diaktifkan oleh petugas-petugas desa, ini harus ada pertemuan rutin, yang mambahas permasalahan pertanian diperdesaan tentang sarana prasarana pertanian, OPT dan Hama Tanaman serta permasalhan lainnya. Mari kita sama-sama untuk menevaluasi dan kembali mengaktifkan Pos tersebut

Untuk menghadapi PENAS Tani di Aceh Darussalam, nanti ada survey kelokasi setelah pengukuhan akan kita bicarakan persiapan PENAS Tani.

Irfan Syarif SP.MS

Bapak Abdul Halim dan Erfah Yuni dari Kantor Ketahan Pangan Kabupaten Banjar, Irfan Syarif dari Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian (Bapeluh) Kabupaten Banjar 
Bapak Marjam dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Banjar


Acara Keenam Bapak Kepala Ketahanan Pangan

Erfah Yuni dan Abdul Halim

Ada program baru yaitu melaksanakan analises ketersedia pangan di Kabupaten Banjar.
Ketersediaan kita cukup aman terjaga tetapi segi gizi kalori dan protein terjadi trend menurun  dari standard 2400 Kg kelori/ perorang. Keadaan gizi kita memang melebihi yaitu 3000 Kg Kalori/ perorang tetapi sekarang trendnya menurun sekarang 2500 Kg Kalori. Keturunnya energy ini dikarena pertembahan penduduk.

Resio kita mencapai 1,5  artinya kita perlu penyedia 1 tahun dan sedang kemampuan produksi bisa untuk 1,5 tahun tetapi permasalahannya apakah ketersediaan itu tetap ditempat kita. Produksi terakhir hampir mencapai rasio 2.
Untuk itu peran keterlibatan  Kelopok KTNA sangat diperlukan. Salah satu program ada program Toko Tani

Aspek Keterjangkauan
Toko Tani Indonesia Pengembangan usaha pertanian masyarakat
Menyerap ketersediaan pangan dengan menyerap produksi dengan menguntungkan.
Salah satunya adalah operasi pasar.

Ada dua Gapoktan pelaksana di Kabupaten Banjar  salah satu Gapoktan Hubulwatun sungai rangas dan untuk tingkat Provinsi ada 14 Gapoktan pelaksana.
Untuk took pelaksana ada enam toko ditempatkan yang ploktuasi harga yang rentan yang berupah-rubah.

Pemerintah menguatkan bantuan modal bila 1 tahun tidak digunakan akan dikembalikan kepemerintah. Dan ini khusus beras medium bukan premium  untuk konsumsi menengah kebawah konsumennya. Kendalanya masyarakat kita banyak minta beras premium

Dananya 200 juta, 140 untuk penguatan dan 60 operasional antara lain untuk transportasi  dan pengepakan.

Acara Tujuh Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Perkebunan dan Peternakan  Kabupaten  Banjar  Bapak Marjam

Pertemuan disini cukup banyak yang hadir, kepengurusan harus berperan aktif dan didukung oleh seluruh anggota. Harus ada kepengurusan yang baik dengan  didukung dengan administrasi yang baik.

Dalam Pertemuan ini Bapak Ketua Kelompok KTNA H. Muhammad Sabeli mempertanyakan kepada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Perkebunan dan Peternakan “Mengapa permohonan Hand Traktor yang Beliau ajukan sejak tahun 2015 belum juga bisa terkabulkan ?” sekarang Program Pajali Padi Jagung dan Kedelai. Dijawab : Seharusnya Bapak bisa menyesuaikan dengan Program yang ada YANG DIMOHON SEBAIKNYA DISESUAIKAN DENGAN YANG TERSEDIA demikian tanggapan dari Bapak Abdul Halim dan ini mendapat dukungan dari Kepala BP3K Kecamatan Sungai Tabuk. Bapak Marsam juga menambahkan selain penyesuaian dengan kesesuai program untuk pengajuan proposal kalau perlu diadakan tim pengkajian permasalahan pertanian disuatu daerah. Hasil kajian tersebut diselesaikan dengan mengajuan dengan proposal. Selanjutnya pantau dan lihat disposisinya sampai dimana proposal kita, benar-benar dijejaki
 Juga hadir Para PPL

dan Mahasiswa dari UNLAM


No comments:

Write a Comment


Top