DATA PENDUDUK AKURAT, VALID DAN TERPELIHARA

Data base kependudukan yang akurat, valid dan terpelihara desa/ kelurahan sangat membantu dalam kegiatan pengolahan data-data pengembangan berikutnya dan juga untuk kegiatan pelayan public. Untuk data penduduk akurat, valid dan terpelihara salah satunya adalah kita harus selalu melaksanaan secara rutin  laporan bulan tentang lahir, meninggal, pindah dan datang.

Selanjutnya memperbaharui pada data base desa/ kelurahan dengan mengurangi yang pindah dan meninggal. Juga menambah data base kependudukan atas data yang meninggal dan pindah. Dan memasukan pada sheetnya masing masing.

Perlu diperhatikan bahwa kegiatan pencatatan lahir, meninggal, pindah dan datang itu idialnya dengan data dukung yang sah.

Berikut cara mengurang dan menambah data base kependudukan :
Menambah akibat peristiwa kependudukan lahir dan datang.
Mengurangi akibat peristiwa kependudukan, meninggal dan pindah.

Contoh yang menambah :
Lahir anak pasangan Abran dan istri Jama’iyah
Langkah-langkahnya :
1. Buka file
2. Letakan kroser pada nomor 87



3. Klik kanan, lalu klik Insert.




4. Langkah terakhir diisi kolom yang kosong dengan anak yang  lahir, tetapi harus dengan data dukung yang sah. Kartu Keluarga yang memuat anak Abrannya ada. Itu dasarnya.

Langkah ini juga berlaku dengan yang datang, tapi data dukungnya adalah data Pindah datangnya dari daerah asal.

Demikian dulu untuk tulisan ini, nanti Insya Allah akan disambung tentang  tata cara mengurangi data base akibat peristiwa kependudukan meninggal dan pindah.

Terima kasih.









No comments:

Write a Comment


Top