Peringatan Isra dan Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW

Di Masjid Besar Mujahidin Kecamatan Gambut, Malam Kamis, 27 Rajab 1437 H/ 05 Mei 2016 M.

Pembawa Acara Bapak Murjani
Pengajian Bapak Abdul Basit
Penceramah Bapak Prof. DR. Mujiburrahman, MA


Acara Peringatan Isra Mi'raj dipimpin Bapak Murjani
Sambutan Bapak Camat Gambut H. Ahmad Rabani, AKS, MSi.

Bapak Camat Gambut pada kesempatan ini menyampaikan ucapan terima kasih atas bersedianya bapak penceramah mengabulkan hajat masyarakat kecamatan Gambut untuk mengisi acara Peringatan Isra dan Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW. Juga ucapan terima kasih atas kehadiran jama'ah pada kegiatan ini dan juga ucapan terima kasih kepada warga masyarakat Gambut telah melaksanakan kegiatan peringatan Isra dan Mi'raj ini.

Berikutnya Bapak Camat menyempaikan pesan dari Bapak Bupati Banjar, Bapak Kapolres dan BIN jangan sampai terjadi penyalahgunaan narkoba, jaga anak-anak kita dari penggunaan narkoba tersebut. Data menunjukan bahwa Indonesia terjadi 5 juta penyalahgunaan narkoba dan 5o orang perhari meninggal dunia. Oleh sebab itu tolong jaga generasi kita dari penyalahgunaan narkoba tersebut.

Juga Bapak Camat meminta mendo'akan agar Bapak Bupati/ Wakil Bupati dapat menjalankan tugas dan juga warga masyarakat mendokong program pemerintah daerah kita terutama bidang pendidikan, kesehatan dan sarana prasara sesuai visi - misi beliua berdua..

Prof. DR. Mujiburrahman MA ditengah jama'ah Peringatan Isra dan Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW
Abdul Basit



Ceramah Agama

Dalam sebuah perjalan harus jelas tujuannya, mempunyai modal perjalan dan mempunyai cara bagaimana agar perjalanan itu menuju tujuan yang dikendaki. itulah makna dari peringatan Isra dan Mi'raj.

Dimana perjalanan Isra dan Mi'raj ini banyak contoh dan perumpamaan.

Sebelum keberangkatan Rasulullah, beliau dibedah dadanya selanjutnya dimasukan : Ilmu, Hikmah, Yakin, Helm, Iman dan Islam.

Islam mengisyaratkan untuk menuntut ilmu, perintah pertama saja adalah "Ikra" baca, ilmu itu adalah modal utama dalam kehidupan, ilmu itu cahaya kehidupan. Tidak ada satu negarapun maju tanpa dengan ilmu.

Disampaikan juga perlu memupuk iman sebab godaan, tantangan iman sekarang sangat berat, dengan era tidak terbatasnya informasi. Terutama acaman atas remaja kita terhadap penyalahgunaan narkoba.

Helm adalah kemampuan mengendalikan amarah sehingga bersifat santun dan ini merupakan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Yang terpenting diingat bahwa diutusnya rasul adalah untuk menyempurnakan akhlak.

Selanjutnya disampaikan untuk kita bahagia :
1. Istri adalah seorang yang saleh, baik ia terhadap Allah SWT, baik terhadap manusia dan juga baik terhadap lingkungannya.
2.  Anak berbakti pada orang tua. Sebagai modal terlebih dahulu kita bakti pada orang tua niscaya anak akan berbakti padamu.
3.  Mempunyai kawan-kawan sepergaulan yang saleh.
4.  Mempunyai penghasilan dan kemandirian, oleh sebab itu perlu ilmu dan keterampilan.

Penyampaian diakhiri dengan pernyataan :

Shalat itu adalah Mi'rajnya orang mukmin.
Dirikan Shalat agar engkau ingat padaku
Shalat itu menghubungkan dengan keindahan.












No comments:

Write a Comment


Top