PENCANANGAN TINGKAT KECAMATAN Program Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Dan Gemar Makan Ikan

Gambut, 10 Nopember 2016 berlokasi di SDN Gambut I

Hari cuci tangan sedunia memang kita harus langsanakan tidak hanya di Indonesia tetapi dilaksanakan sedunia. Menurut ibu Ketua Tim Penggerak PKK menfaat sangat banyak terutama untuk kesehatan, dan anak sedini mungkin diajarkan untuk mencegah penyakit. Anak diajarkan betapa pentingnya cuci tanganpakai sabun
Ibu PKK didampingi dokter dari Puskesmas Gambut dimana Beliau menjelaskan bahwa 15 Nopember adalah hari cuci tangan, ini adalah pencangan yang diselenggarakan oleh WHO dan dikempanyekan oleh organisasi baik pemerintah ataupun swasta. Adapun makna dari kegiatan ini adalah menurunkan angka kematian balita, mencegah penyebaran penyakit, dimana dengan program mencuci tangan dengan sambun ini menurut penelitian menurunkan angka kematian 47 % akibat penyakit pencernaan dan dapat menurunkan 50 % angka penyebaran penyakit saluran pernapasan yang mana banyak menyerang pada anak, serta prilaku cara mencuci tangan dengan sabun yang direkomendasikan untuk pencegahan penyakit.
Ada beberapa aktifitas sangat dianjurkan agar kita mencuci tangan dengan sabun :
1. Sebelum makan
2. Sebelum menyusui bayi,
3. Sebelum menghidangkan makanan,
4. Sesudah buang air besar,
5. Sebelum memasak.
Karena tangan sering kontak dengan anggota badan yang lain, kontak dengan benda-benda sekitar kita sehingga tangan merupakan perantara paling utama untuk makanan masuk kedalam mulit kita.
Oleh sebab itu sangat penting mencuci tangan dengan sabun.
Dalam kesempatan dan waktu yang sama Camat Gambut Bapak Hairil Akhyar, S.Sos menyatakan sangat mendukung program mencuci tangan dengan sabut yang merupakan perilaku yang sederhana berdampak luar biasa
Selain penyampaian tentang cuci tangan dengan sabun juga dilaksanakan tata cara menyikat gigi dengan benar serta agar anak gemar makan ikan.









No comments:

Write a Comment


Top